Kabupaten Bandung Pilot Project Manajemen Resiko

Nunuy Nur Afiah
foto: humas Pemkab Bandung

IB, Soreang – Tim COE UNPAD pada tahun ini akan melakukan beberapa penelitian terkait Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Studi Akuntansi Universitas Padjadjaran selaku Penanggungjawab Tim Center of Excellence (COE) UNPAD Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, M.Si., Ak.CA.

Penelitian Tim COE UNPAD pada tahun ini dengan beberapa kajian, yang pertama Analisis Standar Belanja sebagai instrumen untuk membantu perencanaan keuangan daerah, yang kedua menyangkut budaya kerja, yang ketiga peran aparatur dari APIP.

“Untuk yang selanjutnya kajian mengenai manajemen resiko,” kata Nunuy Nur Afiah.

Manajemen resiko di Indonesia menurut Nunuy, baru diimplementasikan di Kemenkeu dan KPK, jika penelitian ini berhasil maka Kabupaten Bandung akan menjadi entitas yang ketiga.

“Jika pilot project ini berhasil maka Kabupaten Bandung akan menjadi kabupaten pionir di Jawa Barat dan Indonesia sebagai kabupaten yang mengembangkan suatu pedoman praktis menyangkut manajemen resiko, dan akan menjadi pemodelan bagi daerah lain khususnya di Jawa Barat,” pungkasnya. (AS_35)


http://www.inbewara.com