Tes Psikologi Atlet Pelatcab PORDA XIII Kota Bandung

Ketua Koni Kota Bandung, Aan Johana, memberikan sambutan sekaligus membuka test Psikologi kepada atlet Pelatcab Porda XIII- 2018 Kota Bandung , di aula Koni Kota Bandung di Jln Jakarta No 18 Bandung, Sabtu (2/12/17)

InBewara, Bandung – Sebanyak 396 atlet putra dan putri dari 18 Cabor Pelatcab Porda XIII Kota Bandung yang sudah menyelesaikan Babak Kualifikasi Porda XIII akan melaksanakan test psikologi. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu ,(2/12/17) pukul 08.00 WIB -13.00 WIB shift pertama dan pkl 13.00-16.00 WIB – shift kedua di GOR Bandung ( GOR KONI ) Jl. Jakarta No. 18 Bandung. Rabu(22/11/17).

Ketua Sport Medicine Koni Kota Bandung, Andi Mulyadi menyampaikan bahwa, Dengan pemeriksaan tes Psikologi ini, menjadi catatan bagi pengurus Koni untuk menjadi dokumen dan bahan evaluasi dan investigasi menjelang pelaksanaan Porda XIII 2018, untuk itu maka atlet atlet pelatcab Porda XIII diharapkan bisa optimal untuk meraih pundi pundi emas pada pelaksanaan Porda XIII 2018 mendatang di Kab. Bogor .

Sementara Ketua koni Kota Bandung, Aan Johana dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya pemeriksaan kesehatan yang pernah dilaksanakan Sabtu, (25/11/17), dan test psikologi pada hari Sabtu (2/12/17) yang sedang berlangsung ini, maka atlet-atlet kota Bandung akan ketahuan dimana kekurangan dan kelebihannya atlet sehingga dapat ditingkatkan baik kekurangannya, maupun kelebihannya.

Mungkin ada keluhan di salah satu tubuh yg cidera atau tubuh lainnya atau ada atlet yang jomblo atau yang sedang ada masalah dengan Pacarnya, insya Allah tim pemeriksa bisa menyelesaikan pemasalahan, selain itu atlet-atlet yang sekarang sedang melaksanakan tes Psikologi nanti mewakili Kota Bandung untuk dapat meraih dan mendulang emas di laga PORDA XIII di Kab. Bekasi 2018 nanti, siapa tau anda kedepannya adalah atlet-atlet yang akan menjadi wakil kota Bandung untuk selanjutnya mewakili atau duta-duta olahraga kota Bandung yang akan mewakili daerahnya di tingkat Nasional terutama PON di Papua dan di tingkat internasional seperti Sea Games dan event lainnya yang bersifat internasional. Ujar Aan.

Sementara itu Tim Pemeriksa dari tes Psikologi, Irfan Fahmi mengatakan bahwa pemeriksaan ini sangat membantu atlet yang akan berlaga di Porda 2018 nanti di Kab. Bekasi. Atlet-atlet ini sebagai duta Kota Bandung, mereka ini akan dilihat intelegensinya, daya tahan stress, stabilitas emosi, kepercayaan diri, motivasi, emosi, kekompakan tim, ketangguhan atlit dalam menghadapi tekanan, dan dilihat juga penyesuaian diri dengan situasi atlet di lapangan. tentu yang sangat penting adalah adanya potensi atlet yang mempunyai potensi lain misalkan tentang kepemimpinan karena akan kalihatan potensi itu, kenapa ini diperlukan karena setiap tim pasti ada kepten tim atau yg dianggap sebagai koordinator hal ini tentu menunjang untuk pelatih dalam menentukan orang yang dipercaya dalam pertandingan.

Atlet atlet yang sedang test paikologi ada yang berpotensi .dengan adanya pemeriksaan atau saat ini sedang berlangsung tes, Ada perasaan sikologis yaitu adanya potensi yang akan dihadapi atlet, kalau ada masalah hal kecil yang dihadapi bagi setiap atlet maka pos konseling salah satu penyelesaian untuk atlet, dan masalah yang berat yaitu dengan sikoterapi kalau permasalahannya atlet itu berat, tentu ditindak lanjuti dengan sikoterapi ujar Irfan Fahmi.

Sementara salah seorang atlet loncat indah yaitu atlet yang paling muda Pusti Keylana (8 th), kelahiran Bandung (4/2/2009) asal dari sekolah SD Cinangka Mengatakan bahwa kegiatan ini cukup bagus untuk melihat kemampuan yang dimiliki atlet, tentu dengan adanya test Psikologi ini sangat bagus , dan tentu senang, jadi saya bisa kelihatan kurang lebihnya, sehingga bisa memperbaiki diri dan bisa menambah kekurangannya. Ujar Pusti Keylana yang beralamat rumah di Griya Jati Putra No 110 Ujung Berung Bandung .

Begitu juga Ketua 2 Koni Kota Bandung bidang pembinaan dan Prestasi, Nuryadi mengatakan bahwa hasil tes psikologi ini menjadi bahan pertimbangan untuk kedepan dan menjadi bahan investigasi dan evaluasi atlet. Duta atlet kota Bandung ini akan ketahuan mana yang menjadi prioritas untuk mendulang emas dan mana yang tidak sehingga Koni Kota Bandung punya catatan resmi status dan kedudu─Ćukan atlit secara ilmiah dan menjadi data bes Koni Kota Bandung mulai dia awal menggeluti salah satu cabor hingga mencapai puncaknya.
saat ini bahwa atlet Kota Bandung memberikan kontribusi yang cukup nyata bagi kota Bandung, Jawa Barat dan Nasional. Jumlah atlet Kota Bandung yang membela Jabar dan membela Indonesia di Ajang Sea Games Malaysia yang lalu.

Jadi pemerintah Kota Bandung maupun Jawa Barat bisa ikut membantu peningkatan prestasi para atlet, kata Nuryadi. (DIN)*