Deutschclub Bandung Tempat Yang Pas Untuk Berkomunitas

InBewara, Bandung – Meningkatkan kualitas diri bisa dimulai dari mana saja. Salah satunya lewat bahasa. Deutschclub Bandung adalah salah satu komunitas di Kota Bandung bagi orang-orang yang tertarik belajar Bahasa Jerman dan mengenal negara Jerman.

Teguh Sarwono, ketua sekaligus pendiri dari Deutschclub menceritakan bahwa banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas mulai dari belajar bersama, melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dalam rangka meningkatkan motivasi, Mendukung olimpiade bahasa Jerman dengan cara membantu pelaksanaanya. Ada pula kegiatan akustikan dengan membawakan lagu-lagu bahasa Jerman yang dinamakan dengan “deutschcoustic”.
“Deutschclub Bandung berdiri sejak 8 Mei 2011, dan memang antusiasme anggotanya sangat bagus. Komunitas kami juga menjangkau teman-teman yang suka bahasa Jerman baik mahasiswa dari UPI, UNPAD, STBA ataupun dari UNIKOM, TELKOM dan lainnya.” Terang Teguh.

Teguh juga menuturkan bahwa Deutschclub adalah komunitas yang pas dan positif bagi mereka yang senang belajar Bahasa Jerman. Kini bahkan tercatat ada 110 anggota yang tergabung.

“Harapannya tentu agar bisa meningkatkan motivasi pembelajaran Bahasa Jerman baik di kampus, sekolah dan masyarakat bisa ikut memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman.” jelasnya.

Menurut Teguh belajar Bahasa Jerman cukup penting, mengingat bahwa saat ini perusahaan jerman yang ada di Indonesia cukup banyak dan kerjasama antar negara juga banyak seperti training keahlian yang diadakan oleh pemerintah Jerman di Indonesia.

“Kami mengadakan kerjasama juga dengan Goethe Institut, kemudian dengan jurusan Bahasa Jerman di kampus-kampus, kementrian luar negeri, kedutaan Jerman dan dispora Kota Bandung sebagai pihak yang menaungi kita.”Terangnya.

Menurut Teguh Deutschclub Bandung selama ini juga telah berkontribusi saat pelaksaan Olimpiade Bahasa Jerman. secara pembelajaran, kreativitas dan motivasi para pemuda pun kian meningkat.

“Agenda terdekat kami di bulan Mei, akan pergi ke Braunschweig Jerman untuk memenuhi undangan pemerintah kota di sana untuk membicarakan program pemuda.

Rencana kedepan Deutschclub Bandung juga akan menjalankan roadshow ke sekolah-sekolah dengan membawa games yang berhubungan bahasa Jerman, memutarkan vidios yang memotivasi mereka untuk mau belajar Bahasa Jerman, termasuk untuk orang-orang yang mau berkunjung ke Jerman.

“Kegiatan kami biasanya berlangsung di hari minggu pada pukul 3-5 sore. tinggal datang dan ikut kegiatan saja di Jalan Ambon, sekre bersama Bandung Youth Forum.” pungkas Teguh. (Tiwi Kasavela)