POPKOT Bandung 2018 Merupakan Ajang Peningkat Prestasi Olah Raga Pelajar

InBewara, Bandung – 13 venue yang tersebar di Kota Bandung akan menjadi tempat Pekan olahraga Pelajar Kota Bandung (PORKOT) yang akan dilaksanakan pada (20/3/18) hingga 03 April 2018 di Kota Bandung, Senin (26/3/18).

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PORKOT 2018 yaitu : 1. Angkat Besi, 2. Atletik, 3.Bola voli Pasir, 4. Dayung, 5. Panahan, 6. Renang, 7.Senam, 8. Taekwondo 9. Gulat, 10. Judo, 11, Karate, 12.Tinju, dan 13 Tarung Drajat.

Kepala Seksi olahraga pendidikan Dispora Kota Bandung, Dedih Supriatna mengatakan bahwa Tujuan Popkot ini adalah proses pembinaan olahraga pelajar yang dilakukan secara terus menerus dalam bentuk latihan yang rutin harus diukur sejauh mana pencapaiannya. Salah satu cara adalah dengan kompetisi.

Popkot adalah ajang seleksi kontingen kota Bandung pada kegiatan pekan XII 2018 . Capaian yang diambil adalah

  1. Mengukur pencapaian Pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar Kota Bandung.
  2. Ajang Seleksi pembentukan tim pelajar kota Bandung yang akan dipersiapkan pada multi even olahraga pelajar tingkat jabar.
  3. Mencetak dan melahirkan calon calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang di masa depan akan menjadi atlet andalan Kota Bandung, Jawa Barat dan Indonesia.
  4. Momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga sambut Dedih

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, yang diwakili Bidang Pembudayaan Olahraga, Komarudin mengatakan bahwa, kegiatan POPKOT Bandung 2018 sebagai titik awal bagi peningkatan prestasi olahraga pelajar Kota Bandung di tingkat regional maupun daerah, pembinaan yang berkesinambungan serta kerjasama dari seluruh pihak memungkinkan pencapaian prestasi tersebut dapat terealisasi secara cepat.

Selain itu kegiatan ini merupakan sebuah program yang mewadahi pelajar pelajar di kota Bandung untuk berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan olahraga dimana pada era saat ini pelajar di kota Bandung sudah masuk kedalam katagori menghawatirkan perihal kegiatan mereka yang cenderung berbau negatif.

Kegiatan POPKOT ini dapat memberikan kesadaran bagi anak anak kita bahwa kegiatan positif seperti salah satunya aktifitas olahraga lebih bermanfaat bagi perkembangan dan kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

Ditambahkan bahwa ajang ini merupakan seleksi untuk pembentukan kontingen kota Bandung dalam menghadapi Pekan olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XII di Jawa Barat 2018.

Target sudah tidak terbantahkan untuk menjadi juara umum pada even terbesar di Jabar serta menjadikan kota Bandung sebagai barometer olahraga pelajar di jabar. Tentunya target tersebut harus dipersiapkan dan menjadi pekerjaan rumah kita semua untuk melakukan pembinaan berjenjang dan memperbanyak even olahraga di kota Bandung sebagai alat ukur pencapaian hasil pembinaan ujar Komurudin. (DIN)*.