32 Atlet Basket Kota Bandung Siap Hadapi PORDA

Pelatih Kepala tim Basket pelatda Kota Bandung, (berdiri kiri) , Firmansyah bersama tim inti atlet Basket Kota Bandung usai latihan untuk menghadapi PORDA XIII di Kab. Bogor 16 Oktober 2018. Kegiatan berlangsung di GOR Tunas, Minggu (10/6/18). *Foto DIDIN SJ.

InBewara, Bandung – Sebanyak 32 atlet basket putra dan putri kota Bandung sudah ditetapkan untuk menjalani pemusatan latihan untuk menghadapi PORDA ke XIII pada bulan Oktober 2018 di Kab.Bogor , dengan target semua 4 medali emas yang diperebutkan bisa diraih semuanya dan sekaligus mempertahankan gelar juara umum yang pernah diraih pada PORDA XII/2014 di Kab. Bekasi.

Pelatih kepala pelatda Basket Firmansyah dibantu Asisten Achmad mengatakan bahwa latihan setiap 3 kali seminggu dilaksanakan dengan disiplin yang ketat bahkan pada latihan tertentu fokus pada teknik skill individu setiap pemain, sementara ujicoba baru dilakukan dengann tim2 kampus di Bandung dan simulasi game internal saja.

Sekarang para pemain pada awal Juli 2018 fokus pada liga mahasiswa sebagai ajang persiapan PORDA, hal ini atlet atlet pelatda Kota Bandung bisa mengukur latihan selama ini dalam pelatda PORDA , jadi untuk menghindari overtrainning pembebanan hanya latihan ringan saja usai liga Mahasiswa di porda, atlet atlet pelatda siap dan bisa ditingkatkan lagi baik jumlah latihan maupun uji coba. Bila perlu uji coba ke luar negeri, seperti uji coba ke Singapura dan Malaysia saat PORDA XII di Kab. Bekasi 2014.

Harapannya mendekati PORDA yang tinggal beberapa bulan lagi, semoga pengcab Kota Bandung memperhatikan teknis dan non teknis baik psikologis untuk kebutuhan kebutuhan tim pelatda basket Kota Bandung. Tentu harapan yang dinginkan insya Allah adalah 4 medali emas bisa diraih semuanya.

Sementara Ketua Perbasi Kota Bandung Djadjat Sudrajat mengatakan bahwa para pemain yang terpilih terdiri dari 12 putera dan 12 puteri untuk nomor beregu serta 3 putera dan 3 puteri untuk katagori 3 x 3 (Three on three) yang pada PORDA XIII 2018 ini baru pertama kali resmi diperebutkan.

Atlet putra dan putri diambil dari hasil seleksi pada kejuaraan Walikota Cup 2017 dan dari seleksi beberapa kejuaraan lain.

Training center (TC) sudah dilaksanakan sejak Agustus 2017 lalu dengan jadwal 3 sampai 5 latihan dalam seminggu ditambah uji coba baik di dalam kota maupun di luar kota Bandung.

Sementara Juli sekarang seluruh atlet sudah siap semuanya untuk mempertahankan medali emas pada PORDA XIII pada Oktober 2018 di Kab.Bogor.

Sebagai juara PORDA XII di Kab. Bekasi, ujar Djadjat , Kota Bandung dibebaskan dari Babak kualifikasi yang rencananya digelar mulai 16 Oktobet 2018, sehingga bisa fokus pada pembinaan tim, termasuk try out ke luar daerah untuk mengukur kekuatan tim daerah lain yang akan berlaga di PORDA XIII/2018.

Sehubungan dengan tim daerah lain yang akan menjadi lawan berat Kota Bandung, Djadjat mengatakan bahwa Kab. Cirebon, Kab Bandung, dan tuan rumah Kabupaten Bogor. Namun beliau optimis bahwa anak-anak asuhnya insya Allah bisa mengatasinya.
.”karena itulah saya selaku ketua Perbasi Kota Bandung target 4 medali emas siap diraih semuanya” tegas Djadjat.(DIN)***