George Town, Destinasi Wisata Kuliner dan Budaya

InBewara, Bandung – George Town adalah ibu kota di Pulau Pinang yang menjadi destinasi sempurna untuk liburan singkat dengan keluarga. Untuk perjalanan kesana, penerbangan menempuh waktu kira-kira 2 jam dan 30 menit dari Jakarta. George Town sudah diberikan penghargaan dari Unesco sebagai “World Heritage Site”. Menurut Perdana Menteri Malaysia, Bapak Datuk Seri Abdullah Ahmad Badawi, “status dari Unesco adalah sesuatu lambang yang sungguh terhormat dan kita harus terus melestarikan bangunan, monumen dan lingkungan.”

                    Sri Mahamariamman

Pulau Pinang merupakan bagian provinsi di Malaysia yang mempunyai ciri khas yang dipengaruhi dari berbagai macam budaya yaitu Cina, India dan Melayu. Oleh karena itu, George Town adalah kota tua yang menghargai berbagai macam budaya dan religi.

Mulai dari toko-toko cina, sampai candi-candi unik agama hindu yang mempunyai banyak warna. Contohnya seperti Sri Mahamariamman. Dibangun pada tahun 1833, yang berlokasi di Queen Street, George Town. Keunikan dari candi ini adalah patung-patung para tokoh dewa dan dewi agama hindu yang banyak dan menarik mata. Selain itu, ada Masijd Negeri di Jalan Air Hitam yang dibangun pada tahun 1970 dengan desain bangunan yang modern tetapi masih mempunyai elemen tradisional Melayu.

Selain dari tempat religi, ada pula toko-toko khas Cina yang menjual berbagai macam obat untuk kesehatan. Menggunakan bahan herbal dan tanpa kimia, pembeli bisa memberitahukan keluhan dan langsung mendapat rekomendasi untuk apa yang harus dibeli.

                Kaki lima di Jalan Lorong Baru

Berbagai macam hidangan juga bisa di beli dari pusat jajanan kaki lima. Contohnya di Jalan Lorong Baru, salah satu tempat pusat jajanan yang menyajikan hidangan seperti berikut:

  1. Hokien mee – mie goreng dengan hasil laut seperti udang dan cumi
  2. Char kway teow – mie yang terbuat dari tepung beras berbentuk gepeng, digoreng dengan saus tiram dan hasil laut seperti udang dan cumi
  3. Popiah – lumpia basah khas Cina yang didalamnya parutan sayuran, irisan kembang tahu, ebi dan kacang tanah. Dimakan bersama saus manis berupa kecap.
  4. Nasi kandar – hidangan khas Pulau Pinang yang berupa nasi putih dengan bermacam-macam jenis kari dari India yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Beragam aktivitas tentang budaya dan kuliner bisa ditemukan di George Town, Pulau Pinang. Destinasi luar negeri yang ekonomis dan menyenangkan untuk keluarga. (Vianna)