KONI Kota Cimahi Akan Kunci Atlet Dengan Kecintaan dan Ideologi

koni cimahi
Ketua KONI Kota Cimahi, Aris Permono ( baris pertama ke sebelas kanan ) dan para pengurus KONI Kota Cimahi lainnya usai menggelar rapat akhir tahun (RAT) 2019 KONI Cimahi di Gedung A Pemkot Cimahi, Sabtu (28/12/2019). Foto Didin Sjafruddin.

InBewara, Cimahi – Menjelang babak kualifikasi (BK) Porda Jawa Barat pada 2021 Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Kota Cimahi mulai mencanangkan beberapa cara agar para atlet potensialnya tidak lari ke daerah lain. Ketua Umum KONI Kota Cimahi Aris Permono menuturkan penguatan ideologi dan kecintaan daerah akan diperkuat kepada para atlet Kota Cimahi.

“Kita memiliki banyak sekali atlet berprestasi dan potensial untuk memperkuat BK Porda 2021 dan Porda Jabar 2022. Dan untuk mengikat mereka saya akan keliling cabor untuk menyampaikan beberapa pendekatan seperti kecintaan kepada daerah asal,” ucapnya sesuai rapat akhir tahun (RAT) 2019 KONI Cimahi di Gedung A Pemkot Cimahi, Sabtu (28/12/2019).

Aris mengungkapkan saat berkeliling cabor pihaknya akan didampingi psikolog yang mengerti mengenai cara memotivasi olahragawan serta jiwa kedaerahan. Dengan begitu Aris yakin atlet tak mudah begitu saja tergiur bujukan daerah lain.

“Seperti para kakek kita yang berjuang membela Indonesia dengan bermodal bambu runcing untuk melawan penjajah. Atlet pun harus dikobarkan semangat yang sama membela daerahnya,” katanya.

Dia menambahkan dalam RAT 2019 ini sejumlah agenda strategis dibahas pihaknya.  Mulai dari rencana penggunaan anggaran di 2020 hingga penguatan serta konsolidasi kepada cabor anggota KONI Kota Cimahi yang mencapai 40 anggota.

“Alhamdulillah semua anggota kami yang mencapai 40 cabor hadir disini. Kami sekalian memperkenalkan diri karena kepengurusan kami baru terbentuk akhir Oktober 2019. KONI Cimahi ingin membangun sinergitas yang sangat baik dengan cabor, pemerintah dan DPRD,” ujar Aris.

Hal senada dikatakan oleh Wakil Ketua Umum KONI Kota Cimahi Deni Hasibuan. Menurut Deni, tahun 2020 KONI Cimahi akan mendapatkan dana hibah dari Pemkot sebesar Rp 5,2 Miliar untuk cabor dan operasional KONI.

“Dana itu nantinya 70 persen akan kita salurkan ke cabang olahraga sedangkan 30 persennya untuk operasional KONI Cimahi. Kami prioritaskan cabor terlebih dahulu,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, KONI Cimahi memiliki target 10 besar pada Porda 2022. Untuk itu, pihaknya akan semaksimal mungkin meloloskan atletnya ke Porda.

“Kita akan meningkatkan prestasi pada Porda 2022 setelah sebelumnya pada Porda 2018 kita di peringkat 18. Menuju peringkat 10 besar bukan hal yang mustahil jika kita bersama-sama,” tuturnya. (MSR/DIN)*