Kota Bandung Siap Raih Juara Umum PORDA XIV/2022 Jawa Barat

InBewara, Bandung – Pemerintah Kota Bandung, melalui Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung mampu kembali menghadirkan raihan juara umum Porda XIV/2022 Jabar.

Menurut Yana, Kota Bandung telah absen menjadi juara umum di dua periode terakhir 2014 dan 2018. “Dalam dua kali pelaksanaan Porda, Kota Bandung menduduki peringkat kedua. Dalam Porda 2018 kontingen kota Bandung meraih 131 emas, 149 Perak dan 139 Perunggu, perolehan medali ini menurun bila dibandingkan pada Porda 2014. Saat itu, KONI Kota Bandung mengumpulkan 145 emas,117 perak, dan 137 perunggu,” kata Yana saat membuka pelaksanaan Rapat anggota Tahunan KONI Kota Bandung di the Papandayan Hotel Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Senin (30/12/19).

Yana menuturkan dengan raihan tersebut maka KONI Kota Bandung harus menjadikannya bahan evaluasi sehingga Kota Bandung bisa kembali meraih juara umum. Menurut Yana, sudah saatnya Kota Bandung bisa menjadi yang terbaik di Jawa Barat. Apalagi, kata Yana, apa yang sudah dilakukan kepengurusan KONI Kota Bandung di 2019 dengan menggelar kejuaraan Wali Kota Cup hampir semua cabang olahraga sudah cukup baik. Termasuk penyerahan bantuan peralatan latihan yang benar benar dibutuhkan cabang olahraga.

“Ini membuktikan jika program yang sudah disusun KONI Kota Bandung berjalan dengan baik. Untuk 2020, KONI Kota Bandung diharapkan tetap bisa melakukan kompetisi dan pembinaan secara kontinyu sebagai tugas mitra Pemkot Bandung dalam mencetak ikhsan olahtaga berprestasi,” ujar Yana.

Pada kepengurusan di bawah pimpinan Nuryadi, KONI Kota Bandung telah menyumbang 83 atlet bagi kontingen indonesia di ajang SEA Games 2019.Atlet asal Kota Bandung pun berhasil meraih 21 medali yang terdiri atas 2 emas, 5 perak, dan 14 perunggu.

Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi bertekad untuk terus meningkatkan pembinaan dalam upaya melahirkan atlet atlet potensial dan berprestasi. “Mulai dari tata kelola organisasi yang merupakan misi KONI Kota Bandung.
Kita terus benahi tata kelola organisasi dimulai dari internal KONI Kota Bandung hingga ke cabang olahraga dan badan fungsional,” ujar Nuryadi.

Program kegiatan dan pembinaan olahraga di 2020, tetap menggelar kejuaraan karena merupakan mata rantai pembinaan yang tidak bisa terputus.

Ketua KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin memuji kontribusi terbesar atlet Kota Bandung bagi Jawa Barat di setiap gelaran PON.

Untuk PON XX/2020, Kota Bandung menyumbangkan 315 atlet dari total 818 atlet saat ini masuk di kamp Pelatda PON XX,” Dari 818 atlet di Pelatda XX, 300 sekian dari Kota Bandung, sehingga kontribusinya terbilang besar,” Ujarnya .

Ahmad menambah, kontinuitas kontribusi cukup bagus dari Kota Bandung pun diharapkan terus berlanjut.
Dirinya tidak melihat dari sisi peringkat pada setiap pelaksanaan Porda Jabar. “Saya tidak lihat peringkat I atau II di Porda, tapi dilihat dari fakta dan data. Persentase peningkatan kontribusi dari Kota Bandung itu selalu hadir dibandingkan kota dan Kabupaten lain,” kata Achmad. (MSR/DIN)*