KONI Kota Cimahi Gunakan Video Conference untuk Diskusi Perkembangan Olahraga

Foto dok : Didin Sjafruddin.

InBewara, Bandung – Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Kota Cimahi menggunakan teknologi komunikasi guna berdiskusi membahas perkembangan olahraga.

Video Teleconference ini merupakan salah satu solusi untuk bersilaturahmi antar pengurus KONI Kota Cimahi di tengah pandemi Virus Corona Covid-19.

“Berdasarkan surat edaran Walikota Cimahi, Kemenpora hingga KONI Jawa Barat maka kami menghentikan sementara dulu kegiatan di kantor sekretariat di Komplek De Chitose, Jalan Sisingamangaraja. Jadi jika kita menggunakan teknologi untuk berkomunikasi jarak jauh,” ucap Ketua Umum KONI Kota Cimahi, Aris Permono, Selasa, (31/3/2020)

Aris mengatakan, salah satu teknologi yang digunakan adalah aplikasi zoom dengan mengunduh di play store.  Dengan begitu, meski harus berada di rumah masing-masing kami bisa berdiskusi bersama membahas olahraga Kota Cimahi.

“Selain melalui aplikasi grup WhatsApp, kita juga menggunakan aplikasi zoom untuk berkomunikasi. Hal ini penting karena memang kita ingin terus memantau kondisi teman-teman pasca merebaknya pandemi virus Corona. Dan Alhamdulillah semua pengurus dalam keadaan sehat,” katanya.

Hal senada dikatakan oleh Sekum KONI Kota Cimahi Akhmad Sobarna. Menurut Akhmad, Kantor KONI Cimahi saat ini memang menjadi salah satu tempat yang menjadi zona merah penyebaran virus Corona. Untuk itu, pihaknya langsung membuat surat edaran menghentikan sementara pelayanan.

“Kantor KONI Kota Cimahi masuk kedalam zona merah. Semoga persoalan ini bisa segera berakhir dengan rido Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa,” ujarnya.

Sebelumnya,  untuk mencegah penyebaran pandemi virus Corona  (Covid-19), Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Kota Cimahi melakukan penyemprotan kantor sekretariat di Komplek De Chitose, Jalan Sisingamangaraja, Kamis 26 Maret 2020.

Ketua Umum KONI Kota Cimahi Aris Permono mengatakan penyemprotan dilakukan selama kurang lebih dua jam.

“Untuk mengantisipasi virus Corona tadi kita melakukan penyemprotan kantor KONI Kota Cimahi dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Penyemprotan dilakukan dari halaman hingga seluruh ruangan di kantor KONI Cimahi,” ucap Aris.

Aris mengatakan, berdasarkan surat edaran Walikota Cimahi hingga KONI Jawa Barat pihaknya untuk sementara mencegah adanya kegiatan di kantor KONI Cimahim Namun, jika ada sesuatu yang mendesak maka pertemuan akan dibatasi.

“Dengan penyemprotan itu maka Insya Allah akan steril dari virus Corona. Tapi untuk sementara kita akan mengikuti surat edaran Pak Walikota serta Ketua Umum KONI Cimahi agar berdiam diri dirumah,” ujarnya.

Hal itu pun, kata Aris dikuatkan oleh surat edaran yang dikeluarkan KONI kota Cimahi. Dimana pihaknya menghimbau agar komunikasi antar pengurus dilakukan melalui telekomunikasi jarak jauh.

“Saya menghimbau dan mengintruksikan agar tidak menerima tamu dari manapun juga, dan menghentikan dulu aktivitas pengurus sesuai intruksi yangg berwenang.  Terkecuali urusan yang sangat mendesak khusus pengurus KONI bisa langsung menghubungi dan diskusi melalui Video call, WhatsApp, email, dan telepon,”  ujarnya.

Aris bersyukur hingga saat ini atlet maupun pengurus KONI Cimahi dalam keadaan sehat. Artinya mereka telah memiliki kesadaran diri untuk menjaga dirinya dari paparan virus Corona. (MSR/DIN) *