KKN Semi Daring Angkat Potensi Desa

Inbewara, Bandung,- Universitas Bandung Raya yang kini menjadi Universitas Insan Cendekia Mandiri (UICM), melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-2. KKN kali ini berbeda dengan angkatan sebelumnya, karena dilaksanakan secara semi daring.

Desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat menjadi pilihan 5 mahasiswa UICM ini untuk melaksanakan program kerja KKN.

Bayu Aji Hassandi dari Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen yang menjadi ketua KKN menjelaskan bahwa program kerja yang dilaksanakannya adalah pemberdayaan terhadap karang taruna desa Cikidang Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

“Selain pemberdayaan karang taruna, kami juga mempromosikan potensi yang ada di desa Cikidang, seperti adanya potensi wisata Giri Wening yang merupakan aset bagi masyarakat desa Cikidang”. ujar Bayu.

Kegiatan tersebut menurutnya bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi, “Salah satunya Pengabdian Pada Masyarakat yang sedang kami laksanakan pada KKN ini yaitu selain berinteraksi dan mensosialisasikan pentingnya menggunakan masker, kami juga membantu mengangkat potensi yang ada di desa ini”, imbuhnya.

Konsep pelaksanaan KKN yang digelar secara semi daring ini, menurutnya kurang optimal, karena beberapa ide dari para mahasiswa ini tidak terealisasikan semua.

“Dengan menggunakan aplikasi seperti grup Whatsapp sebagai media komunikasi dengan warga, beberapa program kerja kami sampaikan secara online dengan warga. Tetapi di hari-hari tertentu kami juga tetap bisa berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Dilaksanakannya KKN semi daring ini menurut Bayu dan rekan-rekannya sangatlah kurang terasa. Dengan keterbatasan waktu serta beberapa agenda yang harus dipadatkan.

“KKN kali ini dilaksanakan selama 20 hari, dengan waktu yang singkat ini kami harus bisa bersosialisasi serta berusaha membantu masyarakat desa Cikidang dalam mempromosikan desa serta potensi wisata nya”. pungkasnya.*** (Ib-35)