Program Pelatcab BK PORDA Kota Cimahi Berbasis Anggaran Siap Digelar

Para pengurus KONI Kota Cimahi bidang binpres, keuangan dan anggaran sedang membahas , perancangan dan perumusan program kegiatan pelatcab PORDA XIV 2021 berbasis Anggaran. Kegiatan berlangsung di kantor KONI Cimahi Jln.Sisingamangaraja , Rabu ,(19/8/2020). Foto Didin Sj.

InBewara, Bandung –¬†Sebanyak 753 atlet atlet cabor beserta semua unsur terkait yang berada dibawah payung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi diprediksi dan disepakati akan mengikuti gelaran program Babak Kualifikasi (BK) PORDA XIV 2021, hal ini Sudah diputuskan pada pembicaraan antara Wakil Ketua II Bidang Prestasi KONI Kota Cimahi, dengan Kepala Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi.

Hasil pembicaraan beberapa waktu yang lalu tersebut disampaikan pada acara rapat koordinasi Bidang Prestasi, Bidang Keuangan, Bendahara, cabor dan para ketua bidang di kantor KONI Cimahi Jln.Sisingamangaraja Cimahi, Rabu (19/8/2020).




Wakil Ketua II KONI Cimahi, Rony Mohamad Rizal menyampaikan bahwa “pemberitahuan atau pengumuman pelatcab babak Kualifikasi PORDA XIV proporsi untuk anggaran 2021 diprediksi akan cukup besar di Babak Kualifikasi (BK) , perhitungan jumlah prediksi berapa nilai yang harus dikeluarkan sehubungan kadisbudparpora adalah sebagai Pejabat pengguna anggaran”, ujar Rony.

“Disepakati bahwa jumlah atlet tidak bisa dikurangi dan jumlah 47 cabor dibawah payung KONI Kota Cimahi serta harus melakukakan dalam kegiatan pelatcab BK PORDA yang diprediksi akan dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli 2021 yang direncanakan dengan berbagai kendalanya sehingga pihak Disbudparpora menyetujui”, kata Rony.

Sementara Ketua III P.Richard menyampaikan bahwa aktifitas olahraga pada cabor itu harus diikuti pembiayaannya sebagai prinsip dasar pertama, Paling tidak ada draf dari bidang atau cabor, nanti akan di olah menjadi draf yang kemudian akan dikerucutkan sehingga tidak terlalu lama akan tertera dimana pemerintah kota akan memberikan pagu anggarannya.

Sisa waktu 10 bulan ini menuju babak Kualifikasi harus dibuat dan dipersiapkan program rencananya , tentu disatu sisi lainnya harus menekan dalam anggaran yang ada , sementara BK harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku, maka tentu dalam hal ini pagunya harus sudah dibuat dengan proses sehingga biaya yang dibutuhkan akan terukur.

Empat bulan kedepan September hingga Desember 2020, semua Cabor Kota Cimahi harus sudah memberikan pendataan semua atlet dari 47 cabor di pengcab Kota Cimahi. Rencana pemanggilan cabor dilaksanakan minggu pertama September 2020, selain itu harus dihitung pendukungnya seperti papan data atau laporan data hasil porda sebelumnya.
diperkirakan harus ada pemilihan dan pemilahan proses nomor nomor cabor seperti , cabor terukur, bermain, bela diri dan akurasi hal ini untuk memudahkan pada pengelompokan atlet yang akan dipertandingkan pada nomor nomor tertentu.

Kemudian usulan dari salah seorang peserta dari cabor Renang, Hendra menyampaikan bahwa harus sudah adanya rekapitulasi Data PORDA XIII lalu yang akurat sebagai informasi sehingga bisa menjadi bahan untuk pemilihan atlet yang akan diturunkan, hal ini membantu kepada kesesuaian anggaran yang dibutuhkan, selain itu hasil BK yang akan dilakukan bisa menghasilkan atlet atlet terpilih untuk menentukan perolehan medali sesuai harapan walikota Cimahi Ajay Mohammad Priatna untuk mencapai target 10 besar PORDA XIV yang akan datang.

Ditambahkan bahwa data awal jumlah atlet terpenuhi, pelatcab sudah tercatat, hal ini memudahkan ketua KONI akan memberikan data yang dibutuhkan ketika menyampaikan laporan dalam menghadapi PORDA yang akan dilaksanakan ketika dewan sudah bisa memberikan penyampaian jumlah atletnya. (DIN).*.