Paguyuban Dosen UPI asal Sumedang Beri Bantuan untuk Korban Tanah Longsor

Dr. Dian Budiana, M.Pd. (Kiri) dan Dr. Prayoga Bestari, M.Si (kanan) mewakili santunan dari dosen UPI Sumedang kepada warga yg terkena musibah longsor pada Sabtu, 16/01/2021.

InBewara, Bandung – Sebagaimana diketahui negeri kita saat ini sedang dirundung duka dengan terjadinya sejumlah musibah, salah satunya adalah banjir dan longsor di kawasan Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Sebagai wujud kecintaan terhadap daerahnya dan kesetiakawanan sosial pada sesama, Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang mengadakan bakti sosial berupa kunjungan langsung ke lokasi terjadinya musibah, Sabtu (16/1/2021).

Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang yang beranggotakan 85 dosen yang didalamnya ada 12 Profesor, adalah sebuah komunitas dosen yang senantiasa mencintai, berusaha turut membangun, dan selalu berupaya melindungi tanah kelahiran atau tempat beraktivitas dan mencari nafkah yang dalam waktu yang  bersamaan mengabdi kepada almamater yang dicintainya, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), .

Ketua Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang Suhendra, M.Ed., Ph.D.  mengatakan bahwa, meskipun lazimnya aktivitas dosen pada umumnya lebih kepada kegiatan yang bersentuhan dengan dunia pendidikan dan penelitian, namun ada dharma ketiga dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dharma ketiga dalam Tri Dharma Perguruan Tinggiyang tidak kalah pentingnya, yaitu dharma pengabdian kepada masyarakat. dan dalam hal ini UPI telah melaksanakan Pada dharma pengabdian kepada masyarakat,” ujar Suhendra.

“Pada dharma pengabdian kepada masyarakatlah Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang mengambil tempat. Meskipun tidak selalu mudah dalam implementasinya, sejumlah program yang dirancang oleh Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang secara umum meliputi bidang organisasi, pendidikan, seni dan budaya, pemuda dan olahraga, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan, pemberdayaan perempuan, teknologi informasi dan komunikasi, penelitian dan pengembangan, serta bidang kerjasama. Dalam mewujudkan program-program yang telah dirancangnya tersebut, Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang beserta perangkatnya dan bekerja sama dengan UPI Kampus Sumedang, sebagai bagian integral dari Universitas Pendidikan Indonesia secara keseluruhan,”¬† kata Suhendra.

Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang memberikan santunan berupa uang yang diberikan langsung kepada masyarakat dan sebagian dititipkan kepada panitia setempat yang mengelola donasi dan sumbangan bagi korban banjir dan longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung tersebut.

“Ditengah bencana dan pandemi covid-19, Paguyuban Dosen UPI Asal Sumedang juga menyumbangkan ratusan masker untuk masyarakat setempat, agar meskipun di tengah musibah mereka tetap berdisiplin dan patuh pada protokol kesehatan untuk menghindari musibah lainnya,” tegasnya. * (MSY/DIN)