Peningkatan Kualitas Wasit Sepakbola Melalui Latihan Berbasis Video

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) - Universitas Pendidikan Indonesiaa ( UPI), Yudi Nurcahya dan para wasit Kab.Bandung Barat melaksanakan Pengabdian Masyarakat dengan tema" Peningkatan Kualitas Wasit Sepakbola melalui Latihan Berbasis Vidio pada Wasit Sepakbola di Gelanggang Padjadjaran Bandung, Senin (30/8/2021). foto Masayu. Rizka

InBewara, Bandung – Para Wasit Sepakbola yang berada dibawah naungan dan wilayah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan suatu kegiatan yang cukup mengedukasi para peserta serta menerapkan teknologi sebagai alat bantu untuk mempermudah dalam tugas wasit pada suatu pertandingan resmi.

Kkegiatan tersebut diikuti para wasit wasit yang berada dibawah payung Assosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Bandung Barat, beberapa waktu yang lalu.

Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga – Universitas Pendidikan Islam (UPI), Yudi Nurcahya mengatakann bahwa para pendidik dan masyarakat bisa berkolaborasi.

“Latar Belakang dan tujuan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bukti dalam Kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tri darma perguruan tinggi, dimana para pendidik dan masyarakat bisa berkolaborasi untuk melaksanakan suatu progran yang dilakukan. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas wasit sepakbola yang ada di Kabupaten Bandung barat dengan metode latihan berbasis video,” kata Yudi.

Adapun tema dan nama Kegiatan adalah “Pengabdian kepada Masyarakat tentang Peningkatan Kualitas Wasit Sepakbola Melalui Latihan Berbasis Vidio pada Wasit Sepakbola di Kabupaten Bandung Barat”.

“Para wasit akan memiliki kemampuan yang baik, tidak hanya pada saat memimpin pertandingan, juga akan meningkatkan pemahaman mereka akan peraturan permainan, selain itu kegiatan ini juga akan membuka wawasan para wasit di Kabupaten Bandung Barat bahwa metode latihan tidak hanya latihan di lapangan saja, tetapi banyak variasi dan metode latihan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas wasit sepakbola,¬†Alhamdulillah kegiatan Peningkatan Kualitas Wasit Sepakbola melalui latihan berbasis Vidio ini diikuti para wasit yang dibawah naungan cabang olahraga sepakbola Asosiasi PSSI Kab. Bandung Barat,” tegas Yudi.

Ditambahakan bahwa point yang akan di sampaikan:pada sosialisasi dan pelatihan peningkatan kualitas wasit sepakbola melalui latihan berbasis video pada wasit sepakbola ini benar benar bisa dilaksanakan di daerahnya khususnya dan umumnya para wasit ketika ditugaskan pada even yang lebih tinggi lagi

Sementara salah seorang peserta yang tidak mau menyebutkan namanya mengataka bahwa kegiatan ini membuka wawasan wasit.

“Pada kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para wasit yang hadir, selain kita mendapat tambahan ilmu juga membuka wawasan para wasit tentang metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas wasit sepakbola.” ujarnya. ***(MSY/DIN).