Reuni Akbar SD Moch Toha Angkatan Kali Pertama 1959 -1989.

Alumni SD Moh.Toha Bandung angkatan 1959 hingga 1997 usai melaksanakan tepang sono dan silaturahmi  reuni Akbar 2021 di Saung Sunda Jln Soerkarno Hatta Bandung, Sabtu (18/12/2021). Foto :Didin Sjafruddin.

InBewara, Bandung – pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama boleh dikatakan Re uni kelasnya, itulah SD Moch.Toha Bandung yang pada hari Sabtu pagi telah menyelenggarakan pertemuan Reuni Akbar SD Moch Toha Bandung, di Saung Sunda Jalan Soekarno Hatta Bandung, Sabtu , (18/12/2021).

Tujuan dari reuni akbar ini tidak lain untuk menjalin silaturahmi dan mempererat ikatan persaudaraan dan kekeluargaan diantara alumni.

Lama tidak jumpa, dan berpisah, banyak kenangan yang kita goreskan ketika masih bersekolah, setelah lulus waktu memisahkan kita sampai waktu yang begitu lama, namun pada hari ini serasa terbayar sudah rasa rindu dan kehangatan, bahagia sekali kami bisa bertemu kembali, bahkan kita masih sempat bertemu dan berkumpul kembali bapak dan ibu guru kita yang dahulu mengasuh dan membesarkan kita.

Mereka masih kelihatan segar dan ceria walaupun usia dan tenaga tidak bisa kita pungkiri keberadaannya.
sungguh karunia yang tidak ternilai harganya.

Saat kita masih sekolah, kenangan manis tercipta kemudian dibawa
melalui perjalanan hidup, namun kenangan itu kembali tercipta, tetap seperti semula, ceria suka dan duka terlihat jelas dalam suasana keluarga yang bahagia seperti sekarang ini

Betapa cepat usia ini, namun perpisahan terakhir disekolah dulu terasa baru kemarin, betapa tidak teman teman telah berubah, namun ciri khas masing masing masih kelihatan kental pada diri kita Masing masing.

Itulah sebabnya suasana hari ini seakan suasana yang lama, bukan suasana baru.

Ketua penyelenggara yang ditunjuk Andini putri angkatan 79, mengatakan bahwa acara ini dihadiri lebih kurang 450 orang dari 17 angkatan mulai angkatan 1959 sampai angkatan 1989 dan paling senior adalah angkatan 59.”kata Andini.

Awalnya Reuni dilaksanakan 11 April 2020, namun karena adanya pandemi Covid-19, terpaksa ditunda sampai kondisi memungkinkan. Tertundanya selama 20 bulan selama itu pula panitia hanya bisa berkomunikasi melalui media sosial.” ujar Andini putri

Namun hikmah dibalik itu, Reuni akbar yang dilaksanakan saat itu lebih kurang 300 orang alumni.

“Sekarang baru bisa terlaksana dengan baik dengan peserta malah bertambah menjadi lebih kurang 450 peserta alumni. Dan ini merupakan Reuni akbar SD Moch Toha 2021 kali pertama dilaksanakan dengam baik dengan gotong royong serta kebersamaan diantara panitia angkatan,” ujarnya.

“Alhamdulillah acara sesuai dengan harapan bagi para alumni semua angkatan. Yang utama dari pertemuan ini adalah tetap terjaga silaturahmi diantara angkatan SD Moch. Toha khususnya dan setiap angkatan bisa terjalin baik silaturahminya bukan di SD saja, tetapi semua angkatan dan lintas angkatan yang diperlihatkan kepanitaan yang terbentuk,” kata Andini putri yang juga sebagai ketua PPLIPI , ( Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jabar,

Oleh karena itu, Dia memberikan motto dengan bahasa Sunda” Manah teu paturay, …kalbu teu Pa anggang…paheutkeun duduluran panjangkeun silaturahmi , itulah slogan SD Moch Toha yang sangat memberi pesan mendalam kepada semua peserta yang hadir agar pesan setelah re uni ini berjalan tetap menjadi Saudara dengan silaturahmi.

“Salah seorang guru kita , Bapak Ruhiyat mengatakan bahwa setelah berada dalam suasana berkumpul dengan anak anak didiknya, Dia sangat terharu dan meneteskan air matanya ketika melihat suasana yang membiru dengan seragam yang dipakai para peserta, mengingatkan saat beliau mengajar dan memberikan pelajaran kesenian dengan angklungnya yang membuat Dia bisa keliling Asia,” ujarnya.

Oleh karena itu beliau memberikan sedikit pengalaman dengan dengan rasa haru, Beliau menjelaskan pada
1967-1969 menjadi honorer di SD Pasawahan, 1970 kembali ka SD Toha, kemudian melatih dan membina angklung dari SD 1 sampai dengan SD 6. Sehingga banyak yang berhasil, 1978 tugas di istana negara dengan latihan paduan suara dan angklungnya, 1988, ke Kalimantan, di balik papan membina kesenian, 1991 mengikuti Seminar dan ditugaskeun ke jepang, melatih para mahasiswa di perguruan tinggi di Jepang, kembali menjadi kepala Sekolah Dasar Pasawahan dan dan akhirnya kembali ke SD Moch.Toha sampai pensiunnya.

Beliau berpesan, mari kita jaga persaudaraan agar bisa tetap kita pelihara dan kita satukan yang bisa menghasilkan sesuatu dan terus kita satukan melalui silaturahmi.

Salah seorang murid dari SD.Moch Toha SD 2, Illiana mengatakan bahwa acara ini sangat luar biasa dengan kehadiran para alumni, yang begitu antusias.

“Satu hari sebelum acara dimulai terasa sudah tidak sabar pada ingin segera cepat bisa ketemu baik itu di media sosial atau kontak person bahkan vidio calling dan jenis komunikasi lainya,” ujar Illiana yang dipanggil Hendy

Pertemuan ini menjadi sesuatu yang spektakuler yang dibentuk, sehingga pertemuan ini bisa menghasilkan seuatu yang bisa bermanfaat,

“Dengan Reuni Akbar ini kita menjadi bisa berkumpul dan tentunya dengan berkumpulnya ini, menghasilkan sesuatu diantaranya terbentuk ikatan alumni ( IKA) SD Moch.Toha Bandung.” kata Hendy,

Sementara Kepala Sekolah SD Moch Toha yang diwakili salah seorang guru, Pepen Supendi mengatakan, luar biasa bisa menghimpun berbagai angkatan.

“Kegiatan reuni akbar yang baru pertama kali dilaksanakan ini sungguh sangat luar biasa bisa menghimpun berbagai angkatan, dari angkatan paling lama hingga paling muda,” kata Pepen.

Dia berharap pertemuan ini tetap dipelihara sebagaimana pertemuan ini yang dilaksanakan dengan baik, kekeluargaan dan saling menghormati diantara kelasnya dan diantara sesama SD 1 hingga SD 6 se Moch Toha.

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan dukungan teman teman angkatan yang ada di beberapa perusahaan pada masanya, seperti Pupuk Kujang, PIP, KIE, Wika, Pupuk Kaltim, Clariant, PT Hurip Utama, Wika Gedung, PT Artha Christa, Bank Mega, KIKC, Pupuk Indonesia, ..Pupuk Indonesia HC grup, Pupuk Indonesia Utilitas, Pupuk Indonesia Pangan ***(DIN)