Cabor Tarung Derajat dengan KONI untuk Sinergi Pembinaan prestasi dan Pembenahan Organisasi.

Ketua Tarung Derajat , Budi Rahardja dan jajarannya, usai menerima Ketua I KONI Cimahi, Dedi Kuswandi dan pengurus lainnya pada acara silaturahmi tentang keorganisasian Cabor di sekretariat Cabor Tarung Derajat  di Cimahi, Sabtu (16/4/2022). foto Dadi Suryadi.

InBewara, Cimahi – Pekan olahlaga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat (Jabar), tidak terasa sudah didepan mata tepatnya Nopember 2022 dilaksanakan. Bagi Cabang olahraga (Cabor) Tarung Derajat di ajang multi even pada Porprov XIV Jabar, sudah pasti akan memberikan yang terbaik bagi masyaratakat Kota Cimahi.

Ketua Persatuan olahraga Tarung Derajat Seluruh Indonesia Kota Cimahi, Budi Rahardja mengatakan” bahwa pertama tama mengucapkan terimakasih kepada KONI Kota Cimahi berdasarkan program programnya telah bekerja secara maksimal dalam meningkatkan prestasi seluruh cabor secara nyata, terlebih KONI cimahi telah menjadi mitra yang dapat membantu Dinas Olahraga Cimahi.” katanya

Dia juga memaparkan Tarung Derajat Kota Cimahi sedang fokus pada dua hal yaitu pengembangan dan pembinaan atlet.

“Pengembangan berencana akan road to school namun tertunda karena pandemi, juga sudah membuat video dan foto sebagai promosi di medsos, serta Pembinaan sendiri berlangsung terus menerus juga di bulan ramadhan dilaksanakan,” kata Budi

Pihaknya menargetkan pada Porprov 2022 meraih 1 medali emas dan berupaya bisa lebih dan mengirimkan
sebanyak 13 org terdiri dari : 8 Atlet , 3 Pelatih , 1 Manager, 1 Official dan Kategori yang diikuti :
1 kelas ringan tarung bebas putri,
2 kelas tarung bebas putra ,
1 nomor seni gerak jurus putri ,
1 nomor seni gerak putra

“Bidang organisasi masih perlu koordinasi yang lebih inten diantara pengurus untuk perbaikan kedepan, komunikasi harus terus dibangun agar pembinaan atlet maupun perbaikan keorganisasian menjadi lebih baik kedepannya,” kata Budi Rahardja yang juga selaku Kadisbudparpora

Hal ini disampaikan saat silaturahim dengan Tim KONI terkait pembenahan bidang organisasi dan raihan prestasi untuk mempersembahkan perolehan prestasi tertinggi Cabor Tarung Derajat di Sekretariat Cabor di GOR Tarung Derajat jalan jend.H.amir Machmud no 697 Cimahi ,Sabtu (15/4/2022).

Hal diatas di benarkan oleh sekretaris KODRAT Kota Cimahi, R.Mia Ersa Puspa Endah, bahwa “Belum meratanya tarung derajat di Cimahi, baru ada 7 pusat latihan (satlat) aktif sehingga pengembangan menjadi pekerjaan rumah besar untuk pengcab kedepannya.”kata Mia

Sementara menurut Wakil Ketua I Bidang Organisasi Dedi Kuswandi mengatakan “bahwa dalam pembinaan Cabor sebagaimana hasil rapat pimpinan KONI Kota Cimahi, pembinaan organisasi bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana kondisi yang sebenarnya cabor dibawah KONI Cimahi.”ungkap Dedi

“Insyaa Allah proyeksi untuk tahun 2022 KONI mendapatkan 12.5 Milyar dengan mengirimkan 500 atlet dari 32 cabor untuk PORPROV XIV 2022, tentunya dengan peningkatan jumlah raihan medali harus lebih baik dari hasil yang di dapat pada BK Porprov 2021. Hal ini disampaikan kepada semua Cabor tentunya agar, keterbukaan dan transparansi yang disampaikan dapat diterima dengan baik, pihaknya meminta untuk terus ditingkatkan prestasinya.” ujar Dedi.

“Begitu besarnya KONI perhatian dan untuk meraih prestasi sebagaimana yang diharapkan, KONI Cimahi, lebih berkeinginan dan mengutamakan pembinaan warga Cimahi sendiri, kemudian dimana dan dilatih untuk menjadi atlet yang ungulan,” katanya.

“Pembinaan organisasi cabor ini, juga bertujuan agar diantara Cabor, Club dan KONI harus sinergitas agar semua punya persepsi yang sama dan transparansi yang terbuka. Selain itu juga, cabor sendiri menjadi variabel penilaian KONI. Apakah Cabor ini fokus bekerja untuk mencari prestasi, atau hobby dan untuk hiburan atau hanya biasa saja, Maka kondisi yang seperti itu harus di rubah dan ditingkatkan menjadi pembinaan prestasi,” tutur Dedi.

Dedi mengingatkan bahwa cabor yang sudah dikunjungi, agar segera melaksanakan apa yang diminta KONI untuk memudahkan dan sinergitas, serta untuk kesinambungan organisasi, sehingga tidak terputus dan menjadi halangan pembinaan baik atlet maupun organisasinya.

Adapun monitoring dan evaluasi tersebut, selain Wakil Ketua I Bidang organisasi KONI Cimahi, hadir juga Bidang Kesejahteraan dan Pelaku Olahraga , Dadi Suryadi dan Ernawati , Sekretaris II Henry Asmara dan anggota tim lainya.

Usai monitoring dan evaluasi silaturahmi dan sharing informasi ke Cabor Tarung Derajat, di ahiri dengan foto bersama. ***(DIN)