34 Manajer Cabor Kontingen Pelatda Kota Cimahi, Ikuti Evaluasi Persiapan Fasilitasi Pelaku Olahraga di Porprov XIV 2022

Ketua KONI Kota Cimahi; Aris Permono memberikan pengarahan kepada para Manajer Cabor di Kantor KONI JLn. Encep Kartawiria, Cimahi, Selasa (13/9/2022). Foto : Didin :Sjafruddin.

InBewara, Cimahi – Program Kegiatan KONI Cimahi menjelang Porprov XIV 2022 diarahkan untuk mewujudkan prestasi , salah satu rangkaiannya adalah Evaluasi Persiapan Manajer dalam memfasilitasi kebutuhan Pelaku Olahraga di Porprov XIV Jabar 2022 bagi Kontingen Kota Cimahi.

Ketua KONI Kota Cimahi, Aris Permono, mengatakan bahwa Animo para Manajer mengikuti dan menerima arahan pada acara Evaluasi Persiapan Manajer dalam memfasilitasi kebutuhan Pelaku Olahraga di Porprov XIV jabar 2022 bagi Kontingen Kota Cimahi cukup tinggi, Hal ini terlihat hampir semua manajer mengikuti arahan tersebut.” kata Aris

Kegiatan tersebut diikuti 34 Manajer dari cabor yang akan mengikuti Porprov XIV 2022 di Kantor KONI JLn. Encep Kartawiria, Cimahi, Selasa (13/9/2022).

Aris menjelaskan terkait kebutuhan adanya pelaporan yang harus dilakukan dengan baik atas informasi pengendalian dari BPK, dan pengelolaan yang diberikan kepada Manajer untuk Porprov XIV 2022. harus akuntable dan transparan.

Sementara Ketua III KONI bidang Anggaran, Richard Nicolas Aplugi mengatakan bahwa “Ada 4 point prioritas utama yaitu uang saku, biaya transportasi, penginapan, uang makan dan minum ( Mamin) untuk kontingen tim pelatda kota Cimahi, pada multi event Porprov XIV 2022 mendatang,” kata Richard.

“Uang saku, akan di transfer ke pelaku olahraga (atlet) yang sifatnya take home pay, sementara
transpor tidak diberikan langsung ke manajer, tetapi koordinasi dengan 81 orang panitia yang
mengelola dan evaluasi persiapan Porprov XIV baik jadwal pertandingan maupun vanuenya yang dibentuk dan bertugas di 3 Wilayah ( Wilayah Utara, Tengah dan Timur) untuk mengikuti Porprov XIV 2022. Panitia yang ditempatkan di tiga wilayah adalah pendukung bagi kontingen untuk koordinasi dengan setiap cabor dalam menyiapkan transportasi kendaraan dan kebutuhan lainnya melalui panitia yang dibentuk,” ujar Richard.

Setiap pelaku olahraga difasilitasi berdasarkan kebutuhannya masing-masing dan setiap cabor terkonstrasi serta berbeda beda lokasinya.

“Transportasi identik dengan penginapan, maka fasilitas harus melekat kepada setiap cabor untuk kenyamanan dan keamanan baik penginapan, kendaraan, ternasuk makan dan minumnya, dan dari sekarang setiap daerah sudah berebut lokasi penginapan yang dipakai untuk di booking para kontingen.” kata Richard.

“Oleh karena itu para Manajer harus harus kuat dengan data pelaku olahraga, jadwal kegiatan, menghimpun dan menyampaikan bukti bukti realisasi kebutuhan selama bertanding untuk memperkuat timnya berkoordinasi dengan panitia agar kebutuhan tim baik kendaraan , penginapan, makan minumnya 3 kali sehari, dimana pelaku olahraga bertanding, maka kebutuhan transportasi (kendaraan ) tersebut ada di tempat.” ungkapnya.

Pihaknya mengingatkan dengan sangat, diharapkan diantara para
manajer yang hadir ini dan panitia yang ditunjuk, wajib bersinergi dan berkolaborasi terkait kebutuhan yang diperlukan cabor pada pelaksanaan Porprov XIV 2022.

Melihat unsur bukti-bukti penggunaan anggaran yang digunakan untuk keperluan semua panitia dan pelaku olahraga tercatat, wajib dilaporkan pada hari itu juga kepada petugas panitia untuk mempermudah dan menjaga pelaporan cabor sehingga terjaga dan akuntable.

Sementara dari Badan Internal Audit (BAI) yang disampaikan Bambang Irawan dalam pelaksanaan Porprov XIV 2022, bertugas melakukan pendampingan sebagai mitra untuk pendokumentasian pelaporan, dalam menjalankan tugasnya, untuk mengantisipasi pemeriksaan dan memenuhi kebutuhan deadline pelaporan pengguna anggaran.

Salah seorang penasehat KONI, Trenggono mengatakan bahwa “Acara evaluasi persiapan ini istilah dalam militer yaitu pasukan perang, dimana brifing mengenai logistik sudah sangat bagus, baik dan terstruktur dengan terarah disampaikan,” kata Trenggono

Oleh karena itu, perlu ditambahkan selain pengarahan logistik perlu sekali lagi diadakan pengarahan pasukannya (para atlet) agar hasil yang dicapai bisa maksimal dan target tercapai,” tegas Trenggono yang juga Ketua KONI sebelumnya .

Salah seorang manajer Cabor Senam, Aida Cakrawati Konda yang ikut dan hadir pada acara evaluasi persiapan ini mengatakan bahwa “Evaluasi ini sangat bagus dan menjadi kemudahan untuk para cabor untuk memersiapkan atletnya secara optimal dalam pelaksanaan Porprov XIV 2022 nanti dan Insya Allah tim Senam akan berbuat yang terbaik untuk mempersembahkan medali emas bagi kota Cimahi,” kata Aida yang juga anggota DPRD kota Cimahi. ***(DIN)