Diduga ada Praktek Bagi-Bagi Medali, Atlet Petanque Kota Cimahi Dilarang Ikut Nomor Beregu

InBewara, Ciamis – Pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV Tahun 2022 dinodai dengan tejadinya ketidakadilan terhadap Kota Cimahi, tepatnya pada pertandingan di cabang olahraga (cabor) petanque yang diadakan di Kabupaten Ciamis, Senin (14/11/2022).

Cabang olahraga Petanque di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 diduga dinodai dengan adanya praktik pembagian medali.

Menanggapi permasalahan tersebut Dedi Kuswandi sebagai Wakil Ketua KONI I Bidang organisasi dan kerjasama menanggapinya bahwa, telah terjadi ketidak adilan terhadap Pengcab Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Fopi) Kota Cimahi, karena adanya permintaan tuan rumah ingin mendapatkan perolehan medali.

Pihaknya menerangkan bahwa pada hari terakhir Porprov Cabor Petanque yang akan digelar Senin 14 november 2022 akan dipertandingkan nomor beregu putra dan beregu putri terjadi bagi-bagi medali.

Namun, atlet Petanque Kota Cimahi tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan di nomor beregu putra dan nomor beregu putri.

“Alasannya karena dua medali emas sudah diperuntukan untuk Kabupaten Ciamis dan sisanya dua medali perak dan 4 medali perunggu untuk juara 3 bersama dan dipertandingkan hanya bagi tim Petanque Kota/Kabupaten yang belum mendapatkan medali,” kata Dedi.

Pihaknya juga menjelaskan dari hasil rapat Koordinasi yang dilaksanakan secara mendadak yang dipimpin oleh Wakil ketua 2 Petanque Provinsi Jabar memutuskan Pengcab Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Fopi) Kota Cimahi tidak bisa mengikuti pertandingan beregu putra dan putri karena alasan sudah mendapatkan medali emas.

Dari hasil putusan pimpinan fopi jabar tersebut telah ditindak lanjuti oleh tekhnical deligete pertandingan.

“Jelas hal tersebut sudah menyalahi ketentuan,” ujarnya.

Pihaknya berharap ada tindak lanjut dari KONI Jawa Barat ataupun pihak terkait yang mempunyai kewenangan untuk memeriksa kejanggalan tersebut. Kejadian tersebut telah dilaporkan  kepada Ketua Umum KONI Cimahi.  ***(DIN)