Riyan Prasetyo Atlet Dayung Kota Cimahi Hatrik Raih 3 Emas dan 1 Perak Pada Kejurnas Dayung 2022

InBewara, Karawang – Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB.PODSI), menggelar kejuaraan Nasional ( Kejurnas) Dayung 2022 di Cipule Karawang, Jabar, pada 8-17 Desember 2022 sebagai Seleksi Atlet untuk bergabung dalam pemusatan Latihan Nasional ( Pelatnas).

Berdasarkan keterangan tertulis dari PB PODSI diterima di Jakarta, Kejurnas Dayung 2022 ini diikuti 700 Atlet dari 23 Pengurus Provinsi (Pengprov) PODSI untuk memperebutkan 50 medali emas di cabang Canoing yang terdiri dari atas disiplin Canoe Sprint (CSP), Canoe Slalom (CSL), disiplin baru Stand Up Paddle (SUP), Tradisional Boat Race (TBR) serta Rowing.

Kejurnas tersebut juga merupakan salah satu seleksi atlet yang akan memperkuat tim Nasional dayung Indonesia pada Sea Games Kamboja, pada 5-17 Mei 2023 dan Asian Games ke 19 di Hangzhou , China pada 23 September – 8 Oktober 2023.

Tidak hanya itu, Kejurnas Dayung 2022 juga merupakan bagian dari proses evaluasi dan pembinaan olahraga dayung di tingkat Provinsi juga menjadi bahan pertimbangan bagi PODSI untuk menentukan kontingen Provinsi mana saja yang berhak lolos dan berlaga pada PON Aceh Sumut 2024 sesuai ketentuan panitia besar PON ke XXI.

Riyan adalah salah satu atlet dayung kota Cimahi yang mewakili team jabar di kejurnas dayung 2022, atlet yang mewakili diajang itu adalah atlet yang meraih juara 1 sampai 3 dinomor kayak individu di Porprov Jabar 2022, dan Riyan pada saat itu meraih perak.

Ketua PODSI Kota Cimahi Olih Solihin mengatakan bahwa, “Kejurnas ini salah satu ajang seleksi untuk pembentukan team
Sea Games, sekaligus seleksi untuk team PON Jabar nanti di Aceh dan Sumatera Utara .mendatang ,”ungkap Olih, ketika diwawancarai melalui wattsUpp , Kamis (15/12/2022).

“Di kejurnas yang baru diikuti tersebut, Alhamdulillah Riyan mendapatkan 3 emas dan 1 perak diantaranya di Tradisional Boat Race (TBR) .Tbr 1000 m putra, Riyan dapat medali emas, Tbr 500m putra, dapat medali perak (drummer), Tbr mix 500 m, mendapat medali emas dan
Tbr mix 200 m, juga meraih medali emas.” ungkap Olih.

Oleh Karena itu, Olih berharap dengan hasil it, Riyan memiliki kesempatan untuk masuk team PON Jabar nanti di Aceh sekaligus masuk di team Sea Games Indonesia.

Sementara Riyan sendiri sebagai atlet kota Cimahi yang membawa daerah Cimahi Dan Provinsi Jabar sangat bangga atas keikutsertaan pada kejurnas tersebut, kata Riyan.

“Terima kasih atas terpilihnya menjadi salah satu atlet kota Cimahi yang membawa nama Daerah dan Provinsi pada kejurnas kemarin, Oleh karena itu dirinya bersyukur atas perolehan dengan 3 emas dan 1 perak,” kata Riyan,

Pihaknya berharap kedepannya bisa lebih baik lagi untuk event event yang akan datang.

“Semoga setelah kerjunas ini saya bisa melanjutkan ke pelatda dan Pelatnas baik PON XXI maupun Sea Games untuk melanjutkan perjuangan menjadi atlet dayung yang berprestasi,” tegas Riyan saat menyampaikan komunikasinya via WattsUpp Kamis (15/12/2022). ***(DIN)