Pemeriksaan Psikologi Atlet Pelatcab PORDA XIII/2018

Ketua Bidang Sport Medicine, Andi Mulyadi (membelakangi ) dan tim Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Barat melaksanakan rapat di ruang Rapat Ketua Koni Kota Bandung, Jln.Jakarta 18 Bandung, Kamis(30/11/17) . Rapat tersebut, membahas pelaksanaan pemeriksaan Psikologi atlet Pelatcab Porda XIII /2018 di Kab.Bogor. * foto : Asep Faizal

Inbewara, Bandung – Sebanyak 396 atlet putra dan putri dari 18 Cabor Pelatcab Porda XIII Kota Bandung yang sudah menyelesaikan Babak Kualifikasi Porda XIII akan melaksanakan Pemeriksaan Psikologi yang akan dilaksanakan Sabtu (2/11/17). Pemeriksaan ini dengan dua shift dilaksanakan dengan dua Shift mulai Pukul 08.00 Wib s/d 12.00 WIB shift pertama (Shift1) dan Pukul 13.00 Wib s/d 17.00 Wib shift ke dua (Shift 2) di GOR Koni Kota Bandung, Jln. Jakarta No 18 Bandung, Kamis, (30/11/17).

Kepala Bidang Sport Medicine Koni Kota Bandung, Andi Mulyadi mengatakan bahwa: tahapan pemeriksaan kesehatan untuk atlit yg sudah melaksanakan BK dari 18 cabor sudah dilaksanakan pada Sabtu (25/11/17) .

Saat ini tahap periodisasi Pelatcab masih tahap pembentukan tim bayangan dan sebagaian sudah melaksanakan Babak Kualifikasi. Pada masa ini diperlukan penelusuran kondisi atlet untuk mendukung performa di Porda XIII yang akan dilaksanakan di Kab. Bogor 2018 yang akan datang. Pada Periode ini merupakan periode penting dan sangat menentukan jalannya kegiatan Pelatcab yang akan datang. Melalui Pemeriksaan Psikologi merupakan solusi yang baik untuk menemukan permasalahan ataupun kendala-kendala yang akan dihadapi agar keterbatasan tersebut dapat dilakukan intervensi psikologis sehingga akan menghasilkan performa maksimal (peak performance) pada saat pelaksanaan Porda nanti.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas Bidang Sport Medicine Koni Kota Bandung bermaksud menyelenggarakan kegiatan Pemerikasan Psikologi menjelang pelaksanaan Porda XIII/ 2018.

Ditambahkan bahwa tujuan dari pemeriksaan psikologi ini untuk
• Mengetahui kondisi psikologis atlet
• Melakukan intervensi psikologis terhadap aspek psikologis yang kurang sesuai dengan yang diharapkan oleh pelatih atau cabor tersebut.

Tahapan yang dilakukan sama seperti pemeriksaan kesehatan seminggu sebelumnya.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari terhadap 300 orang atlet yang telah dinyatakan lolos Babak Kualifikasi. (verifikasi data dari bidang pembinaan dan prestasi dibagi menjadi kelompok pagi (pukul 08.00 wib) dan siang (pukul 13.00 Wib) Adapun aspek psikologis yang digali dari pemeriksaan psikologis ini, antara lain :
1. Intelegensi
2. Daya Tangkap
3. Stabilitas Emosi
4. Toleransi Terhadap Stress
5. Kemandirian
6. Kepercayaan Diri
7. Minat Sosial
8. Penyesuaian Diri
9. Motivasi
10. Kerjasama dan kekompakan Tim
11. Ketangguhan Mental

Selain dilaksanakan kegiatan pemeriksaan psikologi, tersedia layanan konseling dengan melibatkan program KEKASIH JUARA di lokasi kegiatan Koni kota Bandung. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Barat, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang proses konseling dan membiasakan atlet untuk dapat berbagi informasi (sharing) dengan konselor / psikolog, Ujar Andi.

Pada saat ini tim Tim Koni Kota Bandung sedang merumuskan dan merealisasikan dengan HIMPSI Jawa Barat untuk pelaksanaan Pemeriksaan Psikologi Atlet Pelatcab Porda XIII Kota Bandung Sabtu (2/12/17) di Gor koni Kota.

Berikut adalah cabor dan pembagian sesi Tes Psikologi :

Shift /Sesi I :
1. Atletik, 2. Paralayang, 3. Bola Tangan
4. Bowling, 5. Drum Band, 6. Futsal
7. Kempo, 8. Dayung,9. Selam, 10. Catur
11. Loncat Indah

Shift/Sesi II :
1. Bola Voli Indoor, 2. Bola Voli Pasir
3. Paralayang,4. Hoki, 5. Judo
6. Menembak,7. Polo Air, 8. Squash
9. Taekwondo,10. Bridge, 11. Golf
S3bagai catatan untuk para Atlet yang akan diperiksa test Psikologinya diharapkan membawa alat yang diperlukan antara lain :
1. Memakai seragam pelatcab berkerah.
2. Celana panjang bebas
3. Sepatu bebas
4. Membawa Alat tulis/ Pulpen dan Pensil HB.

Semoga rencana kegiatan yang telah tersusun ini dapat terwujud sesuai dengan harapan. khususnya Koni Kota Bandung, umumnya semua warga Bandung,Sambutnya. (DIN).*