KONI Cimahi Evaluasi Estimasi dan Verifikasi BK Porprov 2021-2022

Salah satu cabang olahraga melaporkan hasil BK Porprov XIV 2021 pada evaluasi dan ferifikasi di Kantor Koni Ruko Sentra Mas Residence No 3&5 Jln.Encep Kartawiria Cimahi Utara Kota Cimahi, Kamis (6/1/2022).

InBewara, Cimahi – Evaluasi merupakan saduran dari bahasa Inggris “evaluation” yang diartikan sebagai penaksiran atau penilaian, pendapat lain menyatakan bahwa evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal,

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi melakukan Evaluasi dan Verifikasi hasil Babak Kualifikasi Porprov XIV 2021 di Kantor Koni Ruko Sentra Mas Residence No 3&5 Jln.Encep Kartawiria Cimahi Utara Kota Cimahi, Kamis (6/1/2022).

Ketua II KONI Kota Cimahi ,Bidang Pengembangan dan Prestasi (Bimpres), Roni Mohammad Rizal mengatakan bahwa tugas yang diembannya melakukan evaluasi terkait selesainya BK Porprov XIV 2021 yang diikuti seluruh cabor dibawah payung KONI Kota Cimahi.

Oleh karena itu dia bersama tim verifikatornya (Ronny M Rizal, Sumbara Hambali, Apit Partakusuma, Anggia Widyaputri, Akhmad Olih Solihin, Silvy Juditya, Yayan, Hendra Hidayat, Suryana, Fachdialy M Rizky, dan Dedi Koswara) melakukan tugas selama empat hari, mulai Kamis (6/1), Jumat (7/1) Senin (10/1), dan Selasa (11/1),” ujarnya

Adapun cabor yang diverifikasi serta di evaluasi mulai Kamis (6/1) sebanyak 12 cabang olah raga diantaranya (Cabor) Gulat (PGSI), Judo (PJSI), Karate (FORKI), Kempo (PERKEMI), Muaythai, Pencak Silat (IPSI, Taekwondo, Tarung Derajat, Tinju (PERTINA), Wushu, Hapkido dan Layar (PORLASI).

Selanjutnya Jumat (7/1), 12 cabor lainnya adalah, Aeromodeling (FASI), Billiard (POBSI), Dayung (PODSI), Menembak ( PERBAKIN), Panahan (PERPANI), Petangue (POPI), Renang (PRSI), Selam (POSSI), Senam (PERSANI), Sepeda (ISSI) dan Golf (PGI).

(10/1) cabor, Bola Basket (PERBASI), Bola tangan (ABTI), Bola Voli (PBVSI), Bulutangkis (PBSI), Futsal (AFKOT), Hockey (FHI), Rugby, Sepakbola (PSSI), Sepak takraw, Squash, Tennis Lapang dan Tennis Meja (PTMSI).

(11/1), cabor, Arung Jeram, Binaraga (PBFI), Bridge (GABSI), Catur (PERCASI), Panjat Tebing, Sky Air, E Sport, Terjun Payung, Gantole, Dansa (IODI), Gateball, dan Woodball.

Ronny Mohamad Rizal yang akrab dipanggil Roni menyampaikan bahwa Kontingen Kota Cimahi seluruh atlet, pelatih, official yang diturunkan pada BK Porprov XIV sebanyak kurang lebih 739 personal.

“Estimasi dan evaluasi pasti akan berkurang menjadi 70 hingga 60 % yang lolos untuk mengikuti Porprov XIV 2022, namun hal ini baru yang lolos, masih bisa berkurang dari jumlah itu berdasarkan rasio dari yang lolos 3 besar untuk Porprov XIV mendatang,” ujar Roni

Dia memperkirakan bahwa Kota Cimahi mengikutsertakan dengan kekuatan kontingen 616 orang yang terdiri dari 432 Atlit (233 putra, 119 putri), 85 orang Pelatih, 61 Orang Official dan 38 Manager dari 57 Cabang Olah Raga yang akan berlaga pada Porprov XIV.

“Sebagai Ketua tim Verifikator Evaluasi dan Verifikasi, Kami puas dengan hasil capaian BK tahun ini, sebagaimana target yang diinginkan kita bisa melampaui nya, semoga pada saat pelaksanaan Porprov XIV 2022 KONI Kota Cimahi bisa mempertahankannya,” tambah Ronny yang juga Dosen STKIP Cimahi.

Lebih jauh Roni menyampaikan kepada seluruh Ketua Cabor dan Pelatih, untuk segera memberikan pelaporan terkait kegiatan BK Porprov XIV, 2021.

“Ini perlu di lakukan karena kita menggunakan Dana APBD, bagian dari tanggung jawab kami Bidang Organisasi dan Prestasi untuk melaporkan kepada Ketua Umum Koni dan juga Pemerintah,” kata Roni . **(DIN)