Kunjungan DPRD Kab.Karawang Pelajari Peningkatan Kinerja Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Pembinaan Atlet (Prestasi) KONI Cimahi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerawang, Pendi Anwar menyerahkan Cenderamata kepada Ketua KONI Aris Permono di kantor KONI Jln Encep Kartawiria, Cimahi, Senin(6/6/2022). foto: Didin Sjafruddin.

InBewara, Cimahi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang beserta jajaran pengurus lainnya melaksanakan kunjungan kerja ke Komite Olahraga Nasional Indoneaia (KONI) Kota Cimahi.

Kunjungan tersebut untuk mempelajari dan konsultasi serta koordinasi terkait pemeliharaan Sarana Prasarana dan pembinaan atlet berprestasi di Kota Cimahi di Ruko Sentra Mas Residence No 3 & 5 Jln.Encep Kartawiria, Cimahi utara, Senin (6/6/2022).

Ketua DPRD Kab. Karawang, Pendi Anwar, mengatakan pihaknya telah mendapat banyak masukan bagaimana mengelola olahraga menjadi olahraga prestasi

“Karena secara luas dan jumlah kecamatan di Kab.Karawang dengan Cimahi Relatif berbeda, oleh karena itu, maka kami putuskan untuk studi banding .DPRD Kab. Karawang, ingin menjadikan olahraga menjadi industri olahraga berprestasi seperti di kota Cimahi yang mempunyai 5 kecamatan dan 15 kelurahan, ” ucapnya saat kunjungan.

Pendi Anwar menambahkan, ada beberapa hal yang bisa dicontoh dari kota Cimahi. Salahsatunya bagaimana pemanfaatan dari Sarana Prasarana (Sarpras) untuk peningkatan atlet berprestasi berupa kerjasama antara TNI dan KONI untuk menggunakan sarpas yang ada di Cimahi.

Sarana dan Prasarana kami di Kab.Karawang belum di optimalkan karena beragamnya lahan, baik industri, BUMN dan lahan yang terbatas. KONI Cimahi mampu membangun dan memanfaatkan sinergi dengan TNI untuk penggunaan sarana olahraga,” tuturnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisbudparpora), Budi Raharja kota Cimahi, Ia mengatakan selamat datang kepada Komisi IV DPRD terkait kunjungan ke Kota Cimahi yang seharusnya kota Cimahi menimba ilmu ke Kab. Karawang yang luas wilayahnya 1600 ha, sementara Kota Cimahi, luas wilayahnya 4103,73 ha.

Pihaknya cukup berat menangani 5 bidang yang ditangani, maka bidang olahraga pelaksanaanya diserahkan ke KONI melalui anggaran hibah

“Berbanding lurus dengan tugas KONI bahwa target 10 besar Pemkot Cimahi, pembagian tugasnya diserahkan ke KONI Kota Cimahi.” Kata Budi yang juga ketua cabor Tarung Derajat.

Sementara anggota DPRD Kota Cimahi dari Komisi 2 bidang perekonomian, Asep Sutisna menyampaikan bahwa kontingen Cimahi sebagai duta untuk meningkatkan prestasi olahraganya disisi lain dari ekonomi dengan produk produk hasil pelaku UMKM
di ajang multi even dan multi regional bisa realistik meningkatkan SDMnya,”

“Beberapa bulan kedepan, Kota Cimah akan menggelar kejuaraan Futsal untuk memperebutkan piala tetap dan piala bergilir Walikota Cup Cimahi,” Kata Asep yang juga ketua Futsal Kota Cimahi.

Hal senada Ketua Umum KONI Cimahi, Aris Permono menyampaikan, menurut Aris pihaknya sangat mengapresiasi adanya studi banding tersebut. Pasalnya, baik DPRD Kab.Karawang maupun Kota Cimahi sama sama mendapatkan wawasan dan pengetahuan mengenai peningkatan atlet berprestasi dan pembinaan olahraga.

Kunjungan rombongan DPRD Kab. Karawang di KONI kota Cimahi dalam rangka Studi Komparasi peningkatan Kinerja DPRD Kab Karawang untuk meningkatan pembinaan prestasi dan Kompetensi organisasi (Pemeliharaan Sarana dan Prasarana).

“Suatu kebanggaan sekali untuk KONI Kota Cimahi yang ternyata mendapat kunjungan dari provinsi atau Kab./Kota lain seperti ketua Dewan dan Jajarannya Tentunya pertemuan ini sangat berharga buat kami untuk sharing informasi, bertukar ilmu dan kiat kiat membina prestasi olahraga dan Kompetensi organisasi (Sarana dan Prasarana)” ujarnya.

Aris mengatakan dengan wilayah yang berbeda, tentunya cara pengelolaanya juga dipastikan tidak sama, begitu juga dengan anggaran yang diberikan pemerintah terhadap KONI, dimana Kab. Karawang 2022 masih di bahas dan direposisi untuk mendapatkan anggaran berapa Milyar dengan berapa cabor dan kontingennya yang akan mengikuti multi even dalam menghadapi Porprov XIV 2022 , sementara Kota Cimahi sudah keluar Rp 12, 5, Milyar.dengan 32 cabor dari 51 cabor yang akan berlaga pada porprov 2022.

“Dengan kondisi yang berbeda, maka kita sama sama menggali ilmu dan pengalaman bagaimana mengelola anggaran yang minim untuk bisa meningkatkan prestasi olahraga di masing masing Baik Kab.Karawang maupun KONI Kota Cimahi. Terlebih di kota Cimahi yang sudah mengarah ke industri olahraga,” tutur Aris yang juga Dosen di Perguruan Tinggi.

Setelah menggelar diskusi dan tanya jawab Rombongan Ketua DPRD Kab.Karawang dan jajarannya bertukar cinderamata dan sebelum meninggalkan serta perpisahan rombongan ketua DPRD Kab Karawang sempat foto bersama.

“Tentunya Rombongan DPRD Kab.karawang dan jajarannya senang sekali dengan ditata dan dijamu penerimaan yang luar biasa dengan adanya kunjungan ini” ucap Ketua DPRD Kab.Karawang, Pendi Anwar.

Pihaknya mendapat program yang monumental dengan keterbatasan bisa senergi dengan pihak TNI , apa yg bisa diapresiasi pihak internal untuk Sinergi di Kab Kerawang, (Peruri, Pupuk Kujang).

“Ada keseriusan di dalam unsur unsur
di struktur organisasi ini dengan melibatkatkan terkait, sehingga bisa menghasilkan sebuah prestasi dan ini menjadi bahan untuk bisa di adob Kab . Karawang (KONI).” ujar Pendi

Rombongan yang hadir dari DPRD Kab.karawang terdiri dari, Ketua Komisi IV , H.Asep Syarifudin, Ketua DPRD, Pendi Anwar, Wakil Ketua, H.Oma Mintareja, Sekretaris Umum , dr. Ata Subagja , anggota (Acu. M, H.Toto Suripto , H.Achmad Rifai, H.Maman S, H.Akmaludin, Indrayani, H.Maskur, M, Jajang Sulaeman, Nandang Mulyana, Dewi Noviyanti .Nana S, Dede H, Eny.S.).

Sedangkan dari Pemkot Kota Cimahi, Kadisbudparpora, Budi Rahardja, anggota Dewan bidang ekonomi , Asep Sutisna, Ketua KONI Cimahi, Aris Permono, Wakil Ketua I, Dedi Kuswandi, Wakil Ketua II, Roni M Rizal, Wakil Ketua 4, Achmad Gunawan, Wakil Ketua V, H.Chaerul Syobar, Sekum, Achmad Sobarna, Bendahara umum, Ronal Cristian, Ketua Internal Audit, Yani, Sekum II, Yayan, Bid.Pembinaan Prestasi, Dedi Koswara Gober, Media , Didin Sjafruddin, Yayat Tahyan Supiat, dan Staf. ***(DIN)