Tim Rugby Putra dan Putri Kota Cimahi Siap Bertanding, Ketua Rugby Edi Kanedi Optimis Raih Medali

Tim Rugby putra dan putri kota Cimahi saat melakukan latih tanding dengan Tim PON Junior dan Senior DKI di Jakarta beberapa waktu yang lalu.Foto : Edi Kanedi.

InBewara, Cimahi – Cabang olahraga (Cabor) Persatuan Rugby Seluruh Indonesia (Indonesian Rugby) Kota Cimahi, salah satu cabor yang masuk dalam tim Pelatda kontingen kota Cimahi ikut berlaga pada multi event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV November 2022.

Rugby merupakan sejenis permainan bola tim yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola sehingga mereka dapat menyepak untuk melepaskan gol lawan atau menyentuh di belakang garis lawan. Tim yang mencetak poin paling banyak menjadi pemenang.

Tim Rugby kota Cimahi pada Porprov XIV ini pesertanya banyak datang dari generasi muda setingkat SLTA dan Mahasiswa atau lulusan S 1, sementara atlet yang di turunkan hanya 2 katagori yaitu Regu putra dan regu putri, permainan beregu yang diberlakukan di Indonesia Rugby Seven dengan cadangan maksimal 5 orang.

Ketua Cabor Rugby Kota Cimahi, Edi Kanedi mengatakan bahwa, “Dalam rangka persiapan menyongsong di laksanakannya even kejurda tingkat Provinsi pada Nopember 2022, tepatnya Minggu (13/11/2022) hingga Minggu (18/11/2022) di Stadion Merdeka Kerkhof Kabupaten Garut, Tim Rugby Kota Cimahi siap berlaga untuk turut serta pada multi event Porprov tersebut”.

“Para atlet yang selama ini berlatih sudah sepakat siap melaksanakan latihan baik phisik maupun teori di lapangan. Dengan tujuan agar tetap terjaga stabilitas kualitas, bahkan dengan sering kami melakukan latihan tentu diharapkan semuanya bisa terjaga. Kami melaksanakan kegiatan latihan rutin di Brigif Gunung bohong dimulai sejak awal Juni ketika dikukuhkannya sebagai salah satu tim kontingen Kota Cimahi pada multi even Porprov XIV 2022,” ungkap Edi.

Oleh Karena itu, Pihaknya tentu
berlatih harus dioptimalkan semaksimal mungkin melalui bimbingan pelatih dan pengawasan kami dari management sehingga
target capaian bisa mencapai titik puncak prestasi yang diharapkan yaitu membawa medali Emas baik Putra maupun putri.

“Alhamdulillah, tentunya dukungan muncul dari internal yg sangat dominan dan dari pihak luar juga ada. Dari internal atlet sudah mendapat persetujuan dari para orang tuanya dan dari ekternal tentu nya Pemerintah Kota Cimahi dan KONI sebagai induk Cabor di Kota Cimahi yang banyak membantu terkait anggaran yang di gelontorkan walaupun masih terbatas.” ungkapnya
.
“Ya dilihat dari kemajuan Rugby kota Cimahi secara keseluruhan, kami sangat optimis untuk bersaing dengan daerah lainnya, sehingga selaku pengurus dan orang tua bisa tercapai target yang diharapkan, dan kekurangan selama berlatih maupun tray out dan try in, nanti bisa dievaluasi terutama mental dan psikologisnya dalam bertanding.” Tegas Edi ketika menyampaikan harapannya saat berkomunikasi melalui Whats App, Minggu (23/10/2022).

“Rugby di Kota Cimahi harus lestari dan Pemerintah ataupun KONI jangan pernah mengenal lelah karena masyarakat insan penggemar Rugby ternyata sangat luar biasa itulah harapan kami kedepan,”kata Edi.

Saya sebagai Manager Rugby Kota Cimahi menyampaikan bahwa ” pembinaan Olah Raga Rugby ini harus terus di lanjutkan agar berkesinambungan mengajak para pemuda untuk di arahkan kepada kegiatan yg lebih positip karena dengan olah raga teratur akan membentuk badan yang sehat jiwa yang yang kuat.” Ucap Edi.

Sementara kedua Pelatihnya Asep Saepudin, dan Soleh, menyampaikan bahwa sepajat memberikan yang terbaik.

“Sudah sepakat baik putra maupun putri ingin memberikan yang terbaik untuk cabor Rugby terutama kepada Pemerintah Kota Cimahi dan KONI sebagai induk cabor yang sangat perhatian baik Ke cabor Rugby maupun cabor lainnya,” katanya

Oleh Karena itu, pihaknya berusaha agar para atletnya bisa memberikan yang terbaik, bisa memperoleh target, sehingga bisa memberikan prestasi yang terbaik untuk kota Cimahi khususnya jabar pada umumnya. ***(DIN)