Kejuaraan Sepakbola Piala Gubernur Jawa Barat Resmi Ditutup Ridwan Kamil, Sepakbola Usia Dini Semarak Berkompetisi

kejuaraan sepakbola Kelompok Umur ( KU)/usia dini Piala Gubernur Jawa Barat di Lapangan UNI Bandung, Jln. Batu Raden No 13 Kelurahan Mekar Mulya, Kecamatan Rancasari Bandung, Sabtu , (15/7/2023). Foto : Didin Sjafruddin.

InBewara, Bandubg – Perkumpulan Olahraga ( POR) Usaha Nanti Istirahat (UNI) 1903 melaksanakan Kejuaraan Sepakbola kelompok umur (usia dini) Piala Gubernur Jawa Barat 2023.

Kejuaraan Piala Gubernur kelompok umur tersebut di laksanakan di Lapangan UNI Bandung, Jln. Batu Raden No 13 Kelurahan Mekar Mulya, Kecamatan Rancasari Bandung, Sabtu , (15/7/2023).

Ketua Pelaksana Iwan Jati mengucapkan terima kasih atas upaya dan dukungan kepada Ridwan Kamil Selaku Gubernur Jawa Barat yang telah mendukung terselanggaranya Piala Gubernur Jawa Barat ini sehingga terlaksana dengan baik , aman dan sukses ” kata Iwan.

“Kami sangat apresiasi kepada kepada seluruh jajaran yang sudah bekerja di bidangnya masing masing dengan baik dalam kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat ini, semoga kerjasama yang baik ini tetap dipertahankan bila perlu ditingkatkan dalam kegiatan dan aktifitas yang akan dihadapi kedepan,” kata Iwan

Kejuaraan ini diikuti 88 peserta baik dari club maupun akademi sepak bola. Terutama diikuti juga dari daerah dan provinsi lain seperti dari Bantul, DKI, Tangerang dan dan beberapa Provinsi lainnya yang ikut memeriahkan kejuaraan Sepakbola usia dini, guna menunjang prestasi sepakbola di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.

“Selain itu kejuaraan ini disponsori oleh 21 perusahaan dan lembaga terkait, sehingga bisa berjalan baik dan sukses.” ungkap Iwan

Pada kesempatan yang sama Gubernur Jabar Ridwal Kami menyampaikan dirinya juga selagi SMA adalah sebagai kapten tim sepakbola di SMA 3 Bandung, beliau mengidolakan pemain Persib saat itu, Dede Iskandar dan Suryamin.(alm).

Oleh karena itu , ketika panitia mengajukan piala gubernur Jawa Barat untuk Kelompok Umur, langsung jawabannya laksanakan. Dalam catatannya para peserta yang pendaftar ada140 namun hanya 88 pendaftar yang bisa diterima untuk dilaksanakan, Insya Allah kedepan lebih baik lagi dan dibuat menjadi yang terbaik di Indonesia,” kata Ridwan Kamil

Sehari sebelum menutup kejuaraan piala guberrnur digelar, Ridwan Kamil selaku Gubernur mendampingi Presiden RI, Joko Widodo melaksanakan inspeksi untuk melihat dan meninjau lapangan sepakbola Jalak Harupat, yang merupakan salah satu stadion yang akan menjadi salah satu tuan rumah dan yang menjadi salah satu yang akan dipakai piala dunia usia 17.

Ridwan Kamil berpesan kepada para bermain sepakbola bahwa didalam permainan sepakbola itu ada point dan nilai nilai yang bisa diambil dari sikap dan kepribadian dalam olahraga, yaitu adanya usaha dengan kerja keras dengan mengeluarkan keringat untuk tercapainya kemenangan,

Kemudian harus kompak sebagai tim artinya tujuan untuk kemenangan harus diraih dengan kerjasama tim bukan individu tetapi individu harus berkolaborasi dalam kesatuan dan kebersamaan tim , dimana kerja tim tersebut mengajarkan kita dalam kerja kelompok. Lalu tidak boleh curang harus jujur dan bersikap harus taat dan patuh serta mengetahui aturan permainan yang sudah ditentukan ,artinya dalam hidup ini sebagai manusia harus mengetahui dan mematuhi aturan yang berlaku, Dan yang terakhir dalam pelaksanaan mengerjakannya harus melalui proses yang harus dicapai untuk mencapai tujuan sesuai dengan target untuk mengejar cita cita

“semoga Adik adik yang bermain pada kejuaraan Piala Gubernur Jabar hari ini menjadi pemain pemain andalan masa depan Jawa Barat khususnya dan pemain nasional Indonesia Umumnya, kata Ridwan Kamil.

Pada kesempatan tersebut, warga jabar, diberi penghargaan dengan pembinaan olahraga terbaik, dan pembina terbaik di olahraga di Indonesia

“Jawa Barat selalu produktif dalam segala hal, seperti pembina olahraga terbaik, pekan olahraga pesantren jawa barat terbaik, provinsi dibidang olahraga terbaik, pekan olahraga wartawan nasional juga terbaik dan juara PON 2016 di Jawa Barat dan 2019 di Papua, 2 kali berturut turut menjuarainya serta barometer olahraga di Indonesia,.Jawa Barat Juara,” ucap Emil panggilan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Ridwan Kamil memberikan kadeudeuh kepada dua mantan pemain Persib, UNI dan Tim Nasional Indonesia dari generasi berbeda, Max Timisela (1967-1977) dan Adeng Hudaya (1982-1992) mendapatkan kadeudeuh dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kadeudeuh disampaikan Ridwan Kamil kepada Max Timisela dan Adeng Hudaya pada penutupan Festival Sepk Bola Piala Gubernur Jawa Barat 2023 di Lapangn UNI , Sabtu, 15 Juli 2023.

Sebagai informasi, Max Timisela merupakan pemain binaan UNI dan Persib di akhir dekade 60-an. Sedangkan Adeng Hudaya pemain yang sukses di generasi 90-an dengan dua trofi juara dipersembahkannya yaitu Kompetisi Perserikatan 1986 dan 1989/1990.

Yang hadir pada acara tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya, Ketua umum POR UNI, Beny Oewes, Kadispora Jabar diwakili Gilang, Sekretaris PSSI, Fahmi, KONI Jabar yang mewakili mantan pemain nasional, Max Timisela, mantan pemain POR UNI (para senior), mantan Persib, Herry Fatah, Yana Rodiana, Adeng Hudaya, Dadang Kurnia , para pemain UNI lain dan para undangan lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu.

Para pemenang piala Gubernur Jabar dari Kelompok umur (KU) 9, Gold, juara 1 Charet Kab.Bandung, 2.Gemaya Akademi Subang, 3. Angkasa dan Swasco,. Untuk Juara Silver 1, Brevensia, 2. Akademi FU 15, topscore, Haneef (chareet) best Player , Haneef (chareet),

KU 10, Gold, juara 1, Saswco Kuning, 2. Imadara Tangerang, 3 Bogor City dan Charet Kab.Bandung . Untuk Juara Silver 1, Family United Garut, 2. Farmel Biru, Topskore Zidni (Saswco), Best Player , Zidni (Saswco)

KU 11 Gold, Juara 1 Kareueus, 2.APC, 3, ASSA Pro SS Bekasi Silver dan ASSA Pro SS Bekasi Gold. Untuk Juara Silver 1.Batu Retno, 2 POR UNI putih, topscore, Dilham (APC), Best Player , Dastan ( Kareueus).

Untuk KU 12
Gold, Juara 1 APC, Juara 2 Seventhree, Juara 3 Serpong City dan Peruri Karawang.Untuk Juara Silver, Juara 1 Cicadas Raya Bogor
Juara 2 Imadara Tangerang, Top Score
Sakti – (Seventhree)
Best Player, Dirga – (APC)
Best Gool Keèper, Alvin – (APC)

***(DIN)