Diperkirakan 283 Atlet, Kota Cimahi Siap Berlaga pada Porprov 2022.

Ketua II KONI Kota Cimahi, Ronny M Rizal bersamaTim verifikasi dan evaluasi rapat memastikan dan mengusulkan sejumlah atlet yang akan tampil pada Porprov XIV 2022 mendatang. Foto : Sutarmono.

InBewara, Cimahi – Sebanyak 283 atlet, baru selesai disepakati dari 356 yang sudah di ferifikasi dan evaluasi dari perolehan estimasi pada pertemuan Tim pembinaan dan prestasi (Binpres) dengan Ketua II bidang Binpres Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ) Kota Cimahi.

KONI Kota Cimahi melalui Ketua II bidang Pembinaan dan Prestasi segera mengumunkan dan
merekomendasikan nama nama (Atlet, pelatih official dan manajer) untuk segera di bawa pada rapat pleno untuk segera mengumumkan secara pasti cabor dàn nama nama atlet yang siap diterjunkan pada gelaran Porprov XIV 2022, mendatang.

Laporan tersebut hasil dari mendata semua hasil kongkrit yang disampaikan semua ketua cabor pada ferifikasi dan evaluasi. Setelah memberikan semua data perolehan medali pada BK porprov 2021 yang dimulai Kamis (6/1/2022) hingga Selasa (11/1/2022) yang lalu di Kantor KONI di Ruko Sentra Mas Residence No 3&5 Jln.Encep Kartawiria Cimahi Utara Kota Cimahi, Jumat (11/1/2022).

Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi, Rony Muhamad Rizal mengatakan bahwa, kajian analisis yang berkaitan dengan atlet2 yang akan diusulkan pada rapat pimpinan yàng akan datang, memerlukan kesiapan dan keseriusan dari masing masing cabor.

Karena sangat beragamnya permasalahan yang disampaikan, bagaimana kondisinya, pada saat memverifikasi serta keinginan cabor untuk mengirimkan sebanyak banyaknya atlet, namun kondisi target yang akan dicapai untuk perolehan medali sangat kompetitif dan terbatas, sehingga membuat kesimpulan dan kebijakan dalam rapat cukup alot.

“Oleh karena itu, hasil yang didapat dari pertemuan ini diperkirakan paling tidak bisa di usulkan dengan taraf signifikansi yang bisa diterima pada rapat pimpinan dalam waktu dekat ini, karena KONI harus segera mempersiapkan pelatda Porprov XIV 2022 termasuk try in dan try out kurang lebih 10 bulan kedepan,” tegas Ronny.

Adapun atlet yang sudah disepakati sebanyak 283 orang terdiri dari 162 atlet putra, 121 atlet putri, ditambah 66 pelatih, 40 orang official dan 29 manajer dari data sebelumnya yaitu sebanyak 356 orang.

“Berdasarkan berita acara verifikasi dan evaluasi terdiri dari (194 putra, 162 putri, ditambah 79 pelatih 51 official dan 33 manajer), sehingga jumlah keseluruhan yang direkomendasikan bidang binpres sebanyak 418 personil dari 519 orang untuk dibawa pada rapat pimpinan KONI yang akan berlaga pada Porprov XIV 2022 mendatang.” kata Ronny.

“Hal Ini perlu di lakukan karena kita menggunakan Dana APBD, bagian dari tanggung jawab kami Bidang Organisasi dan Prestasi untuk melaporkan kepada Ketua Umum Koni dan juga Pemerintah,” tegas Ronny.

Sementara Sekretaris 1 Yayan, mengatakan bahwa, kajian yang didapat dari verifikasi dan evaluasi hasil BK Porprov XIV 2021 kemarin menjadi tanggung jawab bersama untuk menyikapi hasil evaluasi serta adanya rasa keadilan diantara cabor , dan ini tentu bahan analisis yang bisa memprediksi perolehan medali yang ditargetkan sesuai dengan

“Perhitungan berapa medali yang akan dicapai Atlet-atlet KONI Cimahi, apakah meningkat, atau berapa persentase kenaikan perolehan medali, baik itu emas, perak maupun perunggu,” ujar Yayan.

“Hal ini menjadi tolak ukur dengan perolehan dan peningkatan medali yang didapat, itu adalah penjabaran sejauh mana pembinaan KONI dalam mengelola cabor yang menjadi payung olahraga di Kota Cimahi apakah meningkat dan berhasil , kita lihat hasilnya,” tegas Yayan yang juga salah seorang Kepala Sekolah di Cimahi.

Ditambahkan dari salah seorang tim bidang Penelitian dan pengembangan, Sport Science, Iptek dan pengumpulan serta pengolahan data KONI Cimahi, Silvy Yuditya menyampaikan bahwa, perkiraan cabor unggulan untuk nomor nomor
terukur seperti senam, renang, selam, dansa, dayung, panahan dan atletik (akurasi) serta cabor beladiri, tinju, wushu, tarung drajat, bina raga, muaythai, golf
Aeromedaling, pentaque, Sepeda, dan nomor nomor permainan lainnya, cabor cabor ini menjadi unggulan untuk perolehan medali.

“Prediksi dari verifikasi dan evaluasi hasil BK ini menjadi kepastian dan tolak ukur KONI Cimahi untuk mewujudkan harapan walikota Cimahi bisa masuk 10 besar pada Porprov XIV 2022 mendatang,” ujarnya. ***(DIN)